Fungsi Seni

Berikut adalah beberapa fungsi seni

1. Sebagai Bentuk Ekspresi Diri Dari Sang Seniman

Salah satu fungsi seni adalah sebagai bentuk ekspresi diri dari si pelaku seni (seniman). Karya seni yang lahir dari seorang seniman umumnya banyak melibatkan unsur kepribadian, pola pikir, dan sisi psikologis dari si pelaku seni itu sendiri. Termasuk salah satunya yaitu keterlibatan emosi jiwa sang seniman dalam menghasilkan sebuah karya.

2. Sebagai Wadah atau Media Artistik yang Mengandung Nilai Estetika

Salah satu fungsi seni diantaranya yaitu Sebagai Wadah atau Media Artistik yang Mengandung Nilai Estetika. Secara umum, ketika sebuah objek media/ruang dilengkapi dengan beragam bentuk karya seni tentu akan menambah nilai keindahan dari objek atau ruangan tersebut. Nilai keindahan yang terkandung inilah yang disebut dengan nilai estetika.

3.  Sebagai Media atau Alat yang Berfungsi Memenuhi Kebutuhan Manusia

Salah satu unsur yang dibutuhkan oleh manusia antara lain yaitu “keindahan”. Dengan sebuah karya seni, kebutuhan sebagian orang untuk menikmati suatu keindahan biasanya dapat dicapai dan terpenuhi. Inilah alasan mengapa salah satu dari fungsi seni adalah sebagai media atau alat yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia.

4. Sebagai Sarana dan Media Pendidikan

Bukan hanya sebagai media artistik yang mengandung nilai-nilai estetika, keberadaan seni juga berperan penting di dalam proses belajar mengajar. Pemanfaatan seni dalam metode belajar bahkan dapat membuat suasana belajar menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

5. Sebagai Media Perwujudan Keyakinan atau Religius (Keagamaan)

Selain sebagai sarana pembelajaran atau edukasi, seni juga berfungsi sebagai bentuk perwujudan keyakinan atau sisi keagamaan pada diri seseorang. Hal ini dapat kita lihat, dimana tidak sedikit individu yang mengekspresikan nilai seni di dalam dirinya melalui objek-objek bernilai seni keagamaan, misalnya : sebuah karya seni dalam bentuk busana atau pakaian.

6. Sebagai Sarana Informasi dan Pengetahuan

Fungsi seni lainnya adalah sebagai sarana atau media informasi dan pengetahuan. Tidak jauh berbeda dengan konsep / metode pembelajaran yang memanfaatkan seni, di dalam penyampaian informasi dan pengetahuan, seni berperan penting membuat sebuah informasi menjadi tampak lebih menarik untuk disimak atau diketahui. Sebagai contoh yaitu, penyampaian informasi dalam bentuk poster atau pun sebuah karya desain grafis.